Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

04 Aug 2021

Inspirasi Konstruksi - Proses Konstruksi

Ikut Cara ini Agar Tetap Terorganisir Saat Membangun Rumah

Pada dasarnya, membangun rumah membutukan banyak kertas. Baik itu rencana kasar yang digambar, gambar yang disobek dari majalah, hingga tanda terima. Semua dokumen tersebut akan menumpuk dan membuat anda pusing sendiri lho! Oleh karena itu, tetaplah teratur selama proses pembangunan berjalan. Dengan terorganisir, tidak hanya membuat meja anda tetap bersih, tetapi juga membuat anda tidak pusing. Komunikasikan terus dengan kontraktor anda hingga anda menemukan ide-ide impian dalam proses renovasi rumah. Dengan menerapkan sistem yang tepat, anda akan dengan mudah dapat menemukan apa yang anda dibutuhkan. terutama disaat saat penting.  Ikut saran persembahan masterumah.id untuk mengorganisasikan berbagai kebutuhan renovasi anda!

 

1. Pisahkan antara keinginan dan kebutuhan

Langkah pertama terorganisir adalah memastikan anda mengetahui perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Dengan semua inspirasi, tren, materi, dan ide yang tersedia, mudah untuk merasa kewalahan akibat banyaknya pilihan. Oleh karena itu, dibutuhkan cara tercepat untuk memegang kendali semua hal tersebut, yaitu dengan mengetahui dimana anda berdiri di atas keinginan dan kebutuhan. Luangkan waktu untuk menulis daftar lima sampai sepuluh hal yang dibutuhkan. Semua list tersebut harus menjadi daftar barang yang dibutuhkan rumah anda agar puas dengan hasilnya.  

 

2. Buat binder

Ketika anda bekerja dengan profesional, anda butuh build binder yang membantu anda tetap teratur sesuai rencana. Build binder dapat dibuat dengan cara  sederhana yaitu cukup gunakan pembatas untuk mengatur ide rumah anda ke dalam kategori yang berbeda. Salah satu caranya adalah dengan membagi rumah Anda menjadi beberapa ruangan. Atau, jika anda merasa lebih mudah, pilih kategori, seperti lemari, lantai, meja, cat, dan sebagainya.

Jika Anda lebih nyaman menggunakan aplikasi digital, gunakan alat seperti Pinterest untuk membuat moodboard dan undang kontraktor anda untuk berkolaborasi.

 

3. Atur kuitansi dan dokumen

Anda butuh merapikan dan menyeleksi segala bentuk tanda terima dan dokumen pembayaran selama proses pembangunan rumah. Dokumen tersebut antara lain kontrak tanah dan kontrak bangunan, bukti penerimaan material, dan cetakan denah lantai. Jika tidak tetap teratur, maka sulit untuk mencarinya saat berkas tersebut dibutuhkan. Oleh karena itu, sediakan wadah berkas untuk salinan cetak dokumen tersebut. Apabila tidak ingin repot, gunakan ponsel anda sebagai alat organisasi dan scan dokumen cetak tersebut dalam file berbentuk pdf. 

 

4. Buat folder email

Selama proses pembangunan berlangsung, file-file penting akan menumpuk di kotak masuk email. Jangan kehilangan komunikasi penting antara pekerjaan anda dengan email sampah. Buat ruang untuk surat khusus rumah. Anda dapat dengan mudah membuat folder khusus di dalam kotak masuk anda. Jika menggunakan Gmail, klik "Pengaturan," lalu "Label" dan "Buat Baru." Beri nama label baru apa pun yang anda inginkan dan menggunakannya untuk menyimpan pesan penting di kotak masuk. 

 

5. Bawa perlengkapan rumah

Rapat pembangunan rumah akan sering terjadi seiring proses renovasi dan pembangunan yang berjalan. Seiring dengan kegiatan tersebut, anda akan disibukkan oleh kegiatan mengunjungi situs rumah, mampir ke toko perabotatau bertemu kontraktor anda di toko bahan bangunan. Saat pertemuan tersebtu, anda harus membuat keputusan dengan cepat untuk setiap kegiatan pemilihan bahan bangunan maupun perabotan. Oleh karena itu, siapkan beberapa alat penting yang anda butuhkan seperti buku catatan, pensil, hingga pita pengukur.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin