Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

04 Aug 2021

Inspirasi Konstruksi - Proses Konstruksi

Stress Saat Renovasi? Kendalikan Dengan Cara Ini

Proses renovasi bisa bikin kepala penghuni pusing tujuh keliling. Bagaimana tidak, proses renovasi menghabiskan banyak waktu, biaya, hingga tenaga untuk mengaplikasikan ide-ide bangun rumah dari penghuni. Selain itu, renovasi juga berdampak pada rutinitas normal dan kegiatan para penghuni rumah.  Berikut adalah tips-tips anti stress saat merenovasi rumah!

 

Jelas tentang anggaran

Masalah anggaran renovasi adalah masalah klasik yang paling penting. Anggaran akan berpengaruh seluruh proses renovasi. Jadi, pastikan hal ini menjadi diskusi pertama  diantara penghuni dan pekerja renovasi. Seperti contoh, diskusikan tentang berapa banyak yang telah anda simpan dan berapa banyak yang akan digunakan untuk dana lainnya. Tidak ada yang lebih membuat stress daripada melihat uang yang berkurang lebih cepat dari yang seharusnya. Berdiskusi tentang anggaran tidak akan  menyenangkan, tetapi menetapkan anggaran dan membuat dana darurat akan membantu anda untuk tetap tenang ketika masalah renovasi lainnya muncul. 

 

Selektif dengan argumen anda

Dalam pencarian ruang impian, anda harus mengidentifikasi dengan baik kebutuhan dan tidak berkompromi terhadap hal detail. Selain itu terkait skala prioritas, tentukan tiga renovasi teratas yang harus dimiliki, lalu bisa fleksibel untuk sisa pengerjaan lainnya.

 

Pisahkan prosesnya

Ketika renovasi anda menghabiskan begitu banyak waktu dan anggaran, biar proses renovasi tetap berjalan dan anda mempercayakan semua pekerjaan kepada kontraktor. Oleh karena itu, perlu membagi renovasi untuk membantu anda meninggalkan tekanan biaya, material, dan kontraktor saat menghabiskan waktu bersama keluarga.

 

Menghabiskan waktu liburan

Jika penghuni rumah cukup beruntung memiliki waktu liburan saat proses renovasi, manfaatkan waktu tersebut. Namun, tidak ada salahnya juga untuk tetap di rumah saat renovasi berjalan, terutama untuk mengawasi proses renovasi.

 

Bekerja sama

Terkadang, bekerja sendiri adalah pilihan tepat dalam proses renovasi. Namun, proses renovasi harus melibatkan seluruh keinginan penghuni, mengingat mereka juga tinggal di rumah tersebut. Oleh karena itu,  pilih proyek yang mudah dan tidak terlalu penting, misalnya membuat karya seni untuk dinding atau mengecat ruang kecil, dan tangani bersama keluarga. Ciptakan kenangan dan koneksi antar penghuni rumah saat proses renovasi!

 

Pergi dari rumah

Renovasi adalah proses yang paling bikin stress penghuni rumah. Oleh karena itu, kurangi kecemasan dengan merencanakan beberapa waktu jauh dari rumah anda.

 

Tetap fleksibel

Tidak ada renovasi yang sempurna. Sangat sulit untuk terhindar dari masalah dalam proses ini. Turunkan ekspetasi berlebihan anda dan nikmati setiap proses renovasi dengan tetap teliti dan efisien. Jadwal yang kaku dan ekspektasi yang tidak realistis hanya akan menimbulkan kecemasan. Tetaplah fleksibel dan mengetahui bahwa proses renovasi akan selesai dan pada akhirnya akan membuat prosesnya jauh lebih menyenangkan. 

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin