Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

07 Jun 2020

Inspirasi Desain - Kamar Mandi & Service Area

Kamar Mandi Sehat, Ini Hal yang Harus Diperhatikan





Ketika kita pulang  kerja dengan kondisi badan berkeringat dan bau akibat macet sepanjang perjalanan pulang dari kantor. Tentunya kamar mandi menjadi ruangan yang mesti dituju untuk membersihkan badan. Apalagi di tengah pandemi Corona seperti hari ini tentunya menjaga kebersihan adalah hal yang mutlak menjadi kebiasaan baru bagi kita. Lantas bagaimana untuk senantiasa merawat kamar mandi kita tetap terja kebersihanya dan tentunya menunjang  kesehatan kita.

Kualitas Air

Air ketika mandi terkadang menjadi hal yang luput dari perhatian. Kebanyakan kita hanya fokus pada air untuk membasuh badan kita, tanpa melihat apakah air ini layak untuk kita gunakan untuk mandi. Selain dilihat dari PH air yang normal.  Terkadang di dasar bak mandi terdapat  endapan berupa kotoran dari  air yang kita  gunakan.  Jika bak mandi tidak rutin untu dikuras, dikhawatirkan  residu ini akan  menumpuk dan menimbulkan  air menjadi keruh. 

Selaian itu juga untuk bak air mandi setidaknya Anda harus melakukan pengecekan di bagian sudut-sudut bak mandi. Hal ini dilakukan untuk melihat adanaya jentik-jentik nyamuk yang mungkin saja bertelur di bak mandi anda. Untuk mengatasinya Anda perlu menyaringnya menggunkan jaring berukuran kecil seperti yang biasa digunakan untuk menangkap ikan hias di akuarium atau bisa juga memberikan obat khusus anti jentik nyamuk.

Sirkulasi  Udara Cukup

Kamar mandi kita adalah ruangan yang memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Terkadang jika kita membangun sebuah kamar mandi namun tidak melihat arah sinar matahai atau ventilasi udara yang baik. Dengan adanaya sirkulasi yang baik diharapkan akan mengurangi kelembaban dan juga  menghilangkan bau tak sedap dari aktivitas penggunanya. 

Sediakan  Tempat  Sampah

Wadah atau bungkus sabun dan  shampo  terkadang kita membuanganya secara sembarangan. Alhasil menempel di pojok  lubang pembuangan air kamar mandi, sampai akhirnya menumpuk dan membuat genangan. Kebiasaan ini pastinya membuat  kita  kurang nyaman ketika mandi. Penyediaan tempat sampah tentunya dapat mengantisipasi hal ini. Anda mungkin bisa menambahkanya dengan dilapisi kantong kresek untuk secara terarur membuangnya ketika sudah penuh.

Pakaian Kotor Menumpuk 

Setelah kita mandi terkadang pakaian yang baru saja digunakan ditinggalkan di cantelan kamar mandi atau wadah khusus untuk pakaian.  Namun jika Anda lalai dan malas untuk  segera mencucinya akan menimbulkan bau yang kurang sedap di kamar mandi.  Apa lagi jika baju yang kita kenakan basah. Tentunya akan menambah keadaan pakaian Anda menjadi semakin bau, bahkan dapat menimbulkan bercak bitnik pada pakaian yang berwarna putih.

Pengharum Alami

Saat ini telah banyak di sediakan berbagai jenis pengharum ruangan mulai dari jenis cair sampai padat. Namun tahukah Anda jika beberapa bahan alami dapat menetralisir bahkan menciptakan aroma yang segar dan natural. Salah satunya adalah kopi, ya mungkin kita tau kopi hanya digunakan untuk menemani saaat santai.

Jika dilihat dari manfaatnya biji kopi yang telah diolah menjadi bentuk bubuk dapat kita manfaatkan untuk pengharum rungan. Sifat nya yang khas dan dapat meresap bau kurang sedap tentunya menambah kamar mandi kita semakin sehat dan nyaman digunakan.

Lantai Dan Dinding

Lantai kamar mandi yang kurang  terawat akan terlihat kotor dan licin karena banyak ditumbuhi lumut dan jamur. Untuk ini sikat atau gosok secara rutin lanatai dan dinding kamar mandi kita. Untuk bagian tempat atau lubang pembuangan air biasanaya banyak kotoran di sana yang terkadang menyumbat aliran air. 

Itu dulu tips yang dapat menjadi Anda untuk merawat kamar mandi agar tetap bersih dan menghindarkan dari kuman  yang dapat mengakibatkan Anda sakit.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin