Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

07 Jun 2020

Inspirasi Desain - Taman

Ini Lima Prinsip Membangun Taman Di Rumah





Memiliki sebuah taman di rumah adalah impian setiap orang. Taman dapat berfungsi sebagai ruang terbuka hijau yang mencukupi kebutuhan oksigen di dalam rumah, wahana bermain bagi anak-anak, serta mood boster bagi beberapa orang yang suka dengan keheningan.

Akan tetapi, membangun sebuah taman di rumah tidak bisa dilakukan secara serampangan. Ada kaidah-kaidah yang harus dipenuhi agar taman menjadi indah dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Berikut ini adalah lima prinsip dalam membangun taman di rumah.

Menyiapkan Lahan

Ini adalah hal terpenting sebelum kita membangun taman. Kita harus menyediakan lahan. Luas dan sempitnya lahan akan berpengaruh terhadap prinsip-prinsip lainnya seperti tema, jenis tanaman, dekorasi dan sistem irigasi.

Hal yang perlu diperhatikan adalah memastikan lahan yang akan digunakan sebagai taman terpapar sinar matahari yang cukup, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

Menentukan Tema

Setelah menyiapkan lahan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan tema. Untuk mendapatkan tema yang pas, kita bisa mencari berbagai jenis tema melalui referensi di internet atau lewat buku-buku di perpustakaan. Kita bisa memilih tema minimalis, tropis, Japanesse, atau model eropa. Jangan mencampuradukkan tema karena hal tersebut justru mengurangi nilai otentisitas dari masing-masing.

Jenis Tanaman 

Langkah selanjutnya adalah memilih tanaman yang akan ditanam. Penting kiranya bagi kita untuk mengetahui berbagai jenis tanaman dan karakteristiknya. Jangan sampai kita menanam tanaman yang tak bisa bersentuhan langsung dengan sinar matahari.

Ketersediaan pasokan air juga bisa jadi pertimbangan dalam menentukan jenis tanaman yang akan dipilih. Jangan sampai ketika kita hanya memiliki sedikit pasokan air, tetapi malah menanam tanaman yang boros air. Dengan memahami kondisi pribadi serta karakteristik tanaman, taman yang akan kita buat tentu akan maksimal sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Dekorasi

Setelah memilih tanaman, saatnya menentukan dekorasi taman. Dekorasi dapat dipengaruhi oleh luas lahan yang kita miliki. Jika hanya memiliki lahan yang sempit, alangkah baiknya jika kita membuat model taman gantung. Taman roof top juga bisa menjadi pilihan yang bagus, membangun taman di atas atap.

Penyusunan tanaman adalah hal yang wajib diperhatikan. Letakkan tanaman berdasarkan ketinggiannya, yang lebih tinggi ditaruh di bagian belakang, sementara tanaman “pendek” diletakkan di bagian depan agar bisa terlihat mata. Kalau kita memiliki lahan yang luas, kita bisa bereksplorasi lebih jauh untuk urusan dekorasi.

Jika taman memang difungsikan untuk taman bermain anak-anak, maka harus diperhatikan pula sisi safety dalam dekorasinya. Jangan sampai dekorasinya malah membahayakan anak saat bermain di taman.

Sistem Irigasi

Langkah terakhir adalah memilih sistem irigasi taman yang cocok. Jika kamu hanya memiliki sedikit pasokan air, maka sistem irigasi tetes bisa jadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Jika tak ada permasalahan terkait air, maka kita bisa menggunakan irigasi dengan sistem sprinkler. Produk ini dijual bebas di berbagai toko pasaran. Dengan sistem tersebut, kita tak harus mengeluarkan tenaga untuk menyiram tanaman.

Apabila kita memilih dekorasi dengan sistem taman gantung, maka penyiraman air bisa kita lakukan secara manual. Ini tidak akan menguras terlalu banyak tenaga, sebab taman gantung memang didesain untuk lahan sempit.

Itulah prinsip dalam membangun taman di rumah. Setelah semuanya telah disiapkan, maka kita siap untuk mulai membangun taman kita sendiri. Bukan hal yang sulit bukan?

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin