Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

07 Jun 2020

Inspirasi Desain - Ruang Tamu

Lima Hal yang Mesti Diingat Saat Mendesain Ruang Tamu





Salah satu bagian penting dari sebuah rumah modern adalah ruang tamu. Ruang tamu yang nyaman akan membuat tamu juga merasa nyaman, sehingga penting bagi kita semua untuk memikirkan desain ruang tamu yang baik. Mengisi ruang tamu hanya dengan kursi dan meja saja seperti pepatah “teh tanpa gula” alias hambar.

Barikut adalah lima hal yang mesti diingat saat kita mendesain ruang tamu. Hal-hal ini akan membuat tamu lebih mengenal diri kita.

Lampu

Sangat penting bagi kita memilih lampu yang tepat untuk diletakkan di ruang tamu. Fungsinya bukan hanya sekadar sebagai penerangan, tetapi juga untuk meningkatkan estetika ruangan. Ruangan yang estetik akan membuat tamu menjadi lebih nyaman ketika berkunjung.

Selain fungsi estetika, penting pula untuk memilih kadar cahaya yang dihasilkan oleh lampu. Ruangan yang terlalu terang dan penuh dengan cahaya akan membuat tamu menjadi silau, sementara lampu yang terlalu redup akan memunculkan kesan suram dan membuat tamu menjadi mudah mengantuk. Memilih cahaya lampu yang tepat akan membuat tamu kita menjadi nyaman dan suasana menjadi lebih akrab.

Buku

Memajang buku-buku kesukaan di ruang tamu akan menghasilkan kesan intelektual pada pemilik rumah. Hal ini akan membuat tamu bersikap lebih hormat kepada pemilik rumah. Pemilihan rak buku yang estetik juga akan meningkatkan keindahan dekorasi ruang tamu.

Apabila memiliki banyak buku, maka susunlah secara memunggung dan sesuaikan ukuran buku mulai dari yang rendah sampai tertinggi. Ini akan membuat buku terlihat rapi. Bila hanya memiliki sedikit buku, kita bisa memajangnya secara mumuka dengan selera estetika masing-masing. Taruhlah buku yang belum selesai dibaca di meja untuk pemanis.

Tanaman

Memberikan nuansa alam di ruang tamu akan membuat kita lebih rileks. Pilihlah tanaman yang cocok ditaruh di ruang tamu seperti lidah mertua. Selain indah, tanaman tersebut juga bisa menyerap polusi seperti asap rokok. Bunga peace lily atau yang sering kita sebut lili juga merupakan ide yang bagus. Bunga tersebut merupakan tanaman yang tak boleh terpapar sinar matahari secara langsung. Warnanya yang juga indah akan membuat kesan damai pada ruang tamu.

Alternatif lainnya adalah kaktus, tanaman ini memiliki berbagai ragam jenis. Akhir-akhir ini tanaman kaktus menjadi tren sebagai tanaman hias. Selain indah, tanaman ini juga tak memerlukan perawatan yang rumit. Kita tak perlu sering menyiramnya, sebab tanaman ini memiliki kemampuan menyimpan air dalam jangka waktu yang lama.

Karpet

Menggelar karpet di ruang tamu adalah sebuah langkah yang cerdas. Dengan hal tersebut, kita bisa memberikan opsi kepada tamu untuk memilih duduk di kursi atau lesehan. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan warna dan motif karpet. Beberapa orang suka dengan warna kontras untuk menunjukkan model tabrak warna, tetapi memilih warna yang selaras dengan arsitektur ruang tamu juga merupakan ide yang cemerlang.

Pengharum Ruangan

Jika empat hal di atas termasuk desain yang tampak secara visual, maka penting pula untuk memperhatikan hal lain yang dapat menunjang kenyamanan. Ruang tamu yang wangi akan memanjakan pengunjung, cobalah untuk menggunakan aroma lavender atu jasmine.

Jika bosan, kita bisa menggantinya secara berkala, ada banyak pilihan aroma pengharum ruangan yang dijual bebas di pasaran. Hal-hal di atas sekiranya penting untuk diingat agar tamu merasa nyaman dan mau berkunjung kembali. Sebab, impresi pertama sang tamu bisa didapatkan lewat dekorasi ruang tamu sang pemilik rumah.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin