Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

07 Jun 2020

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

Karakteristik Desain Rumah Industrial yang Unik dan Menawan





Desain bangunan industrial belakangan menjadi salah satu desain arsitektur yang populer di Indonesia. Keunikannya yang dimilikinya membuat masyarakat menerapkannya pada bangunan komersil, hingga desain rumah pribadi.

Desain rumah industrial menekankan kesan rumah “setengah jadi”. Desain ini terkenal semenjak tahun 2000, dan mulai populer pada 2010-an. Desain ini terkenal di Eropa, dengan memanfaatkan bekas pabrik yang terbengkalai.

Pada masa sekarang, masyarakat mulai menerapkan kesan “terbengkalai” ke rumah berdesain industrial. Penggunaan desain ini sangat unik, dan dapat menjadi salah satu pilihan mewujudkan hunian idaman Anda. Berikut beberapa karakteristik yang erat kaitannya dengan desain rumah industrial.

Material Daur Ulang

Material daur ulang ada 2 macam, yaitu upcycle dan recycle. Keduanya memiliki kemiripan. Material upcycle adalah material bekas yang dimodifikasi untuk dipakai kembali. Sedangkan recycle merupakan bahan lama yang digunakan untuk manfaat yang berbeda.

Nah, pada desain industrial, Anda bisa menggunakan keduanya. Gunakan material seperti kayu bekas, atau besi yang tidak dipernikel. Kedua material ini akan menguatkan kesan industrial pada rumah Anda. Material ini bisa Anda aplikasikan pada gantungan, pintu, meja, atau elemen lainnya.

Ekspos Bata

Tidak melakukan finishing merupakan nilai dominan dalam desain rumah industrial. Membiarkan dinding bata tidak diplester akan menguatkan nilai estetika pada desain rumah industrial. Kesan kokoh juga akan terpancar dengan hal ini. 

Untuk mendapatkan kesan estetika yang optimal, jangan mengekspos dinding bata pada setiap sudut rumah. Ekspos dinding bata pada beberapa sudut rumah saja seperti tempat perapian, dinding dapur di belakang kompor, atau pada ruang masuk rumah. 

Pencahayaan Rumah

Untuk mendapatkan gaya desain rumah industrial yang kuat, pemilihan jenis lampu menjadi salah satu faktor penentu. Karena menonjolkan gaya “setengah jadi”, maka gunakan tutup lampu dengan material solid. Misalnya, Anda bisa menggunakan tutup lampu dari porselain, alumunium, atau baja berongga.

Penempatan Pipa

Kesan setengah jadi akan lebih menonjol lagi dengan mengekspos saluran pipa rumah Anda. Di samping itu, biarkan saluran angin terekspos pula pada rumah Anda.

Selain itu, tidak menggunakan plafon rumah juga bisa menampilkan nilai estetika pada desain rumah industrial. Biarkan langit-langit rumah Anda terbuka dan terlihat tinggi. 

Pemilihan Ornamen

Desain rumah industrial yang setengah jadi bukan berarti membatasi Anda untuk menghias dengan ornamen. Namun, pilihlah ornamen yang seirama dengan desain rumah industrial.

Misalnya, Anda bisa menggunakan vas bunga yang terbuat dari porselain tanpa warna tambahan. Sesuaikan dengan warna di sekeliling vas bunga. Atau Anda juga bisa menggunakan wadah lilin (chandelier) yang terbuat dari kuningan atau baja polos.

Desain rumah industrial dapat menjadi salah satu pilihan desain rumah Anda. Keunikannya dapat membuat rumah Anda berbeda dan tampak lebih mencolok dibanding rumah lain di sekitar Anda.

Anda dapat mendesain sendiri desain rumah industrial sesuai keinginan. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, konsultasikan keinginan Anda kepada jasa konstruksi bangunan. Dengan pemilihan bahan baku dan arsitek yang tepat, desain rumah industrial bisa jadi hunian idaman bagi keluarga Anda.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin