Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

07 Jun 2020

Inspirasi Konstruksi - Proses Konstruksi

Pekerjaan Dinding, Ini Tips dan Triknya



Liputan6.com



Salah satu bagian terpenting dari rumah adalah dinding. Berkat dinding sekat atau batas rumah dengan lingkungan luar terpisah. Dinding juga menjadi pemisah setiap ruangan di dalam rumah. Selain itu, berkat adanya dinding rumah, pemilik rumah yang menempati bakal memiliki rasa nyaman dan aman terhindar dari bahaya luar ruangan. Maka dalam melakukan pembangunan rumah, pekerjaan dinding ini juga perlu diperhatikan dengan betul.

Dalam pekerjaan dinding rumah dibutuhkan keahlian khusus, terutama dalam menyusun bata. Hal ini tentu bertujuan agar pemasangan dinding bisa tertata dengan baik. Mulai dari segi kerapian, kekuatan, serta kelurusan dinding perlu cara yang benar.

Lalu bagaimana cara mengerjakan dinding yang baik dan benar sesuai prosedur pembangunan rumah? Berikut adalah beberapa tips dan trik dalam pekerjaan dinding:

Kualitas Material

Dalam mengerjakan pembangunan rumah, sebelum pemasangan semua bahan bangunan, pastikan kita sudah memilih material yang tepat dan bagus kualitasnya. Pada tahap pekerjaan dinding ini, tentu saja bahan utamanya adalah bata. Banyak bangunan rumah di Indonesia yang sering menggunakan jenis bata merah sebagai bahan utama pembangunan rumah. Namun, tidak menutup kemungkinan dipilih bahan atau jenis bata lainnya. Seperti batako, bata ringan, atau material dari gipsum.

Selain itu, dalam memilih bata ini juga perlu diperhatikan adalah ukurannya. Dalam beberapa kasus, tidak jarang ditemukan perbedaan ukuran panjang dan lebar dari bata. Jika sudah membeli bata dan banyak ukuran yang tidak sama, maka cara mengatasinya adalah dengan memilih dan memisahkannya. Hal ini tentu saja bertujuan supaya dinding rapi dan kelurusan dinding sesuai ukuran.

Kelengkapan Peralatan

Selain memilih kualitas material, pastikan juga kita mempunyai kelengkapan peralatan. Di mana kelengkapan peralatan ini penting dalam memulai rencana pembangunan. Peralatan dalam pekerjaan dinding ini seperti alat pengadukan, alat pasang, alat potong dan alat pengangkut material seperti bata harus tersedia dalam kondisi baik.

Pemasangan

Setelah pemilihan material kelengkapan peralatan sudah oke, maka yang perlu diperhatikan dalam pekerjaan dinding adalah pemasangan. Pada tahap ini, kita atau para pekerja harus mempunyai keahlian khusus dalam menata bata. Sebab, pemasangan bata ini sangat memengaruhi kekuatan dinding.

Untuk teknik pemasangan yang digunakan ialah teknik selang-seling pada lapisan bata yang berbeda. Selain itu, jika sudah selesai per lapisan, maka usahakan menunggu kering atau ganti ke sudut dinding yang lain. Hal ini tentu bertujuan supaya setiap lapisan bata terpasangan dengan kuat dan rapi.Pada tahap pemasangan ini juga perlu memperhatikan adonan pasir, semen, dan juga air. Di mana material tersebut sangat mempengaruhi kuat atau tidaknya suatu dinding.

Kerapian Dinding

Satu hal yang membuat rumah menjadi indah adalah dinding yang rapi. Hal ini tentu menjadi perhatian tersendiri bagi kita. Jika dinding rapi, maka rumah akan bagus untuk dipandang. Pada tahap kerapian dinding ini tentu dimulai sejak pemilihan ukuran bata. Ukuran bata yang sama akan menghasilkan bentuk dinding yang tidak semrawut. 

Selain itu, jika pemasangan dinding ini presisi tentu bisa menentukan kekuatan dari dinding yang baik. Biasanya supaya dinding mempunyai presisi bagus, di tahap pemasangan bata ini harus memakai benang yang posisinya sudah ditentukan oleh bantuan selang air.

Selain itu, pada tahap akhir kerapian dinding ini yang perlu diperhatikan ialah pemlesteran dinding. Tahap melapisi dinding ini menggunakan adukan yang terbuat dari campuran semen, pasir, serta air. Namun, supaya dinding benar-benar halus, pemilihan pasir harus menggunakan pasir yang sudah disaring. Jika pasir masih banyak batu kerikil, nanti pasti akan memengaruhi kualitas plester.

Adanya plester ini bertujuan supaya meratakan permukaan dinding serta melindungi bangunan dari cuaca ekstrim.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin