Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

07 Jun 2020

Inspirasi Konstruksi - Proses Konstruksi

Merancang Rumah Sendiri, Ini yang Harus Diperhatikan



harapanrakyat.com



Setiap dari kita tentu punya keinginan memiliki rumah sendiri. Dengan adanya rumah sendiri, setidaknya kita bisa punya alasan untuk pulang berkumpul dengan keluarga. Namun, sebelum keinginan mempunyai rumah sendiri terwujud, tentu kita sudah mempunyai rancangan yang matang.
Adanya rancangan yang matang tersebut adalah bentuk persiapan sedari awal dalam membuat rumah. Hal ini tentu bertujuan agar perencanaan dari awal hingga rumah sudah ditempati tidak mengalami banyak masalah

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dalam merancang rumah sendiri supaya tidak mengalami banyak masalah kedepannya? Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

Anggaran Tercukupi

Sebagai masyarakat yang berbudaya, menyiapkan anggaran pribadi tanpa merugikan orang atau pihak lain memang menjadi perhitungan. Setidaknya, membangun rumah sendiri dengan menabung sejak dini adalah modal awal yang cukup baik.

Hal ini mengingat bahwa dengan mengeluarkan biaya peembangunan tanpa kredit tentu akan menjadi kemudahan tersendiri. Selain itu, jika anggaran sudah tercukupi, pembangunan rumah tentu tidak akan mengalami kendala sedari awal. Rasa percaya diri terhadap apa yang dirancang bakal terasa lancar tanpa hambatan.

Lahan Tidak Bersengketa

Sebelum kita membangun rumah, pastikan lahan yang akan dibangun rumah tersebut benar-benar lahan pribadi. Jika kita mau membeli lahan milik orang lain, maka pastikan pula bahwa tanah tesebut mempunyai sertifikat asli. Pastikan juga bahwa keterangan di sertifikat tersebut sesuai dari Badan Pertanahan Nasional dan nama pemilik yang sah. 

Menghindari lahan yang bersengketa ini menjadi hal yang penting diperhatikan sebelum membangun rumah. Kelak jika rumah sudah ditempati maka tidak perlu khawatir ada orang yang mengklaim dan memperkarakannya.

Lingkungan Bersahabat

Selain mempunyai modal dan mencari lahan tidak bersengketa, membangun rumah di lingkungan yang bersahabat memang perlu. Di sini yang dimaksud lingkungan bersahabat adalah adanya kelompok masyarakat yang tinggal bersama dalam suatu wilayah dengan hidup rukun dan damai. Sebab jika lingkungan masyarakat rukun dan damai, maka kehidupan kita tidak ada rasa khawatir terhadap tindak kriminal atau kejahatan lainnya.

Lalu bagaimana mencari lingkungan yang bersahabat ini? Biasanya kita perlu mencari referensi dari beberapa orang dekat atau mencari informasi di berbagai media. Selain itu, lingkungan bersahabat ini juga tidak melulu perihal aktivitas masyarakat. Namun, faktor alam juga perlu diperhatikan. Pastikan rencana pembangunan rumah tidak memilih tempat yang sering dilanda bencana alam.

Izin Mendirikan Bangunan

Satu hal yang tidak kalah penting dalam merancang rumah sendiri ialah harus punya izin mendirikan bangunan (IMB). Di mana IMB ini wajib kita miliki sebelum bangunan rumah berdiri. Surat IMB biasanya dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat, baik kabupaten atau kota. 

Jika kita sudah memiliki IMB, tentu saja akan banyak mempunyai kemudahan dalam membangun rumah. Selain mendapat payung hukum, kita juga turut serta dalam mewujudkan ketertiban, keselamatan, dan kenyamanan dalam bermasyarakat.

Memilih Tukang

Dalam hal merancang rumah sendiri, pastikan pula siapa yang akan mengeksekusi di lapangan. Biasanya beberapa orang akan menyewa jasa para kontraktor. Namun, beberapa orang juga bisa mengandalkan para tukang yang ahli membangun rumah. Hal ini tentu kembali ke modal awal yang dimiliki.

Ketika para pekerja sudah dipilih, pastikan mereka memiliki keahlian. Dengan adanya para pekerja yang memiliki keahlian dalam membangun rumah, maka desain rumah yang kita inginkan bisa dengan gampang diwujudkan. Selain keahlian, pastikan para pekerja juga mempunyai kredibilitas dan tanggung jawab terhadap pekerjaannya.

Memilih Material Bangunan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam merancang rumah sendiri ialah memilih material bangunan. Pemilihan material yang bagus tentu akan membuat rumah menjadi bagus pula. Dalam memilih material ini pastikan sesuai rencana dan anggaran. Pastikan kuantitas dan kualitas material terjamin mutunya.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin