Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

07 Jun 2020

Inspirasi Konstruksi - Pembiyaan

Ingin Mengajukan KPR? Perhatikan 5 Hal Berikut!



finsy.co.id



Kebutuhan akan hunian makin meningkat. Pertumbuhan penduduk yang meningkat tiap tahunnya tidak dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi yang memadai. Solusinya adalah mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah.

Penyedia KPR banyak sekali. Bank, koperasi, hingga perusahaan pinjaman berjamuran. Namun, bila Anda berniat mengajukan KPR, perlu strategi khusus. Sebab, proses pengajuan KPR bisa dibilang cukup rumit. Berikut beberapa tips memilih KPR yang kami rangkum untuk Anda.

Dana Awal

Pengajuan KPR akan diawali dengan pembayaran uang muka, pajak, dan biaya lain yang diberlakukan oleh debitur. Anda harus menyediakan setidaknya 30% dari harga jual rumah untuk membayar biaya-biaya tersebut. Untuk itu, pemahaman akan kondisi finansial keluarga sungguh vital. Anda perlu memastikan kembali apakah sekiranya Anda mampu membayar biaya di awal, sekaligus konsisten membayar cicilan tepat waktu.

Perencanaan yang tepat merupakan kunci dari kekuatan ekonomi Anda. Pastikan alokasi pembayaran cicilan KPR tidak membebani alokasi dana sehari-hari Anda. Manajemen keuangan Anda juga perlu diperhatikan dengan seksama.

Jenis Suku Bunga

Pemahaman tentang jenis suku bunga sangat penting Anda miliki sebelum mengajukan KPR. Pemilihan jenis suku bunga yang tepat akan sangat menguntungkan. Namun, harus disesuaikan dengan keadaan ekonomi Anda. Ada beberapa jenis suku bunga yang diberlakukan di Indonesia. Sebut saja bunga flat, efektif, dan anuitas. Suku bunga flat besarannya tetap dan tidak berubah selama masa tenor.

Suku bunga efektif memiliki besaran bunga berbeda tiap bulan. Sebab, suku bunga ini dihitung dari besaran pokok pinjaman yang belum terbayar, sehingga setiap bulan besaran bunga dan cicilan semakin mengecil.

Suku bunga anuitas sedikit mirip dengan suku bunga efektif. Bedanya, total cicilan tetap sama, namun besaran bunganya saja yang menurun setiap bulan. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda bisa membuka situs bank atau lembaga pinjaman.

Selain itu, Anda harus membandingkan terlebih dahulu besaran suku bunga yang ditawarkan sebelum memilih lembaga pinjaman KPR. Carilah besaran suku bunga yang rendah dan adil, sesuai dengan kemampuan ekonomi Anda.
 
Masa Pinjaman KPR

Masa pinjaman yang lama membuat jumlah total pinjaman Anda membengkak. Bisa menjadi 80%, 90%, bahkan lebih dari 100% dari harga rumah. Hal ini terjadi karena Anda menanggung bunga yang ditetapkan oleh lembaga peminjam.

Akan tetapi, semakin lama masa pinjaman, semakin kecil pula cicilan perbulan yang harus Anda bayarkan. Untuk itu, sesuaikan masa pinjaman KPR dengan kondisi ekonomi Anda. Bila Anda yakin mampu membayar dengan jangka waktu pendek, maka tidak ada salahnya untuk memilih opsi tersebut.

Syarat dan Ketentuan

Pelajari hal-hal yang disyaratkan oleh lembaga peminjam dengan seksama. Jangan malas untuk membaca berkas syarat dan ketentuan yang diberikan oleh lembaga peminjam. Sebab, Anda harus mengetahui hak dan kewajiban Anda selama masa pinjaman berlangsung.

Bagi Anda yang telah mempelajari poin-poin di atas, maka Anda bisa mulai mengajukan pinjaman KPR. Usahakan untuk selalu membayar cicilan tepat waktu, sehingga Anda tidak perlu berurusan dengan debt collector di kemudian hari.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin