Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

07 Jun 2020

Inspirasi Konstruksi - Proses Konstruksi

Membangun Sendiri Atau Kontraktor, Hitung Dulu Untung Ruginya



greatdayhr.com



Rumah adalah salah satu aset berharga dan bernilai tinggi yang dimiliki setiap orang. Maka, kebutuhan memiliki rumah adalah salah satu hal wajib yang harus kita punya. Apalagi jika kita sudah berumah tangga dan memiliki keluarga sendiri. Maka persiapan dan perencanaan matang untuk memiliki rumah harus dimulai sedari awal.

Saat melakukan perencanaan pembangunan rumah, kita punya beberapa pilihan dalam membangun. Mulai dari membangun sendiri, sampai mengandalkan jasa kontraktor. Namun, bagaimana menghitung perbedaan antara membangun rumah sendiri dengan kontraktor?

Berikut mari kita coba analisis untung rugi antara membangun sendiri dengan jasa kontraktor.

Membangun Sendiri

Salah satu alternatif dalam membangun rumah adalah dengan cara membangun sendiri. Namun, dalam hal ini bukan berarti kita membangun secara sendirian. Membangun rumah sendiri yakni dengan cara merancang serta mengonsep rumah secara pribadi, tanpa bantuan jasa kontraktor. 

Biasanya orang yang suka membangun rumah sendiri ini cenderung lebih memiliki waktu luang. Meski tanpa bantuan kontraktor, proses pembangunan rumah yang dilakukan sendiri ini tentu saja tetap membutuhkan para pekerja. Biasanya para pekerja atau tukang ini direkrut dengan sistem borongan. Pekerja yang direkrut dengan sistem borongan merupakan tukang bangunan yang bekerja dengan menghitung pekerjaannya dari awal hingga selesai.

Dari segi anggaran inilah banyak dari kita menganggap bahwa dengan membangun sendiri pengeluaran biaya tidak terlalu membengkak. Namun, apakah hal tersebut benar? Tentu saja belum tentu. Jika rumah yang akan kita bangun secara mandiri tanpa jasa kontraktor bisa meminimalisir biaya dengan baik tentu saja kita bisa sangat hemat. Namun, jika membangun rumah sendiri tapi tidak pandai dalam mengelola atau menyusun pembelanjaan akibatnya nanti akan berakibat fatal.

Biasanya adanya rancangan dana dalam membangun rumah haruslah sedetail mungkin. Mulai dari awal pembelanjaan bahan bangunan, upah pekerja dari awal hingga target berapa hari kerja, sampai konsumsi para pekerja setiap harinya haruslah rinci. Selain itu, terdapat pula biaya-biaya lain yang mesti dipersiapkan. Seperti halnya mengurus surat izin mendirikan bangunan, pembayaran pajak rumah, sampai pemasangan kabel listrik.

Kira-kira seperti itulah gambaran jika kita bakal membangun sendiri. Dalam hal ini tentu saja ada kelebihan dan kekurangnya.

Kontraktor

Selain dengan cara membangun sendiri, pekerjaan membangun rumah juga bisa menggunakan jasa kotraktor. Di mana jasa kontraktor ini umumnya digunakan oleh orang yang tidak memiliki waktu luang untuk mengkonsep rumahnya sendiri. Namun, selain alasan tersebut, jasa kontraktor juga dianggap sebagai salah satu alternatif dalam mendirikan bangunan dengan mudah.

Jasa kontraktor ini kebanyakan adalah badan usaha yang bekerja berdasar pada kontrak kerja tertentu atau sampai bangunan jadi. Namun, kontraktor ini berbeda dengan pemborong. Kontraktor ini umumnya pada bisa mengerjakan beberapa bidang pekerjaan bangunan, sedangkan pemborong lebih ke satu bidang saja.

Model pengerjaan membangun rumah dengan jasa kontraktor ini umumnya lebih mudah dan kita sebagai pemilik rumah tidak terlalu repot. Selain diawasi oleh para mandor di setiap pekerjaannya, sistem kontraktor ini juga menggunakan jasa para tenaga pengawas dari kalangan akademisi.

Dari segi biaya, sistem kontraktor ini juga terdapat pajaknya sendiri. Hal ini ini juga mengingat bahwa sejak awal perencanaan pembangunan, semua proses pembelanjaan bahan bangunan sudah direkap oleh kontraktor. Tentu saja ini akan menjadi biaya tambahan tersendiri.

Kesimpulan:

Baik membangun sendiri atau menggunakan jasa kontraktor kembali lagi ke diri kita. Sebab, dua-duanya memang memiliki kelebihan dan kekurangnnya masing-masing. Kita hanya dituntut untuk lebih cermat dalam membangun rumah. Dengan persiapan prakondisi yang matang, pembangunan rumah tentu tidak banyak mengalami kendala, terutama pada biaya.

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin