Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

27 Nov 2020

Ruang Keluarga - Rumah & Keluarga

Membuat Ruang Sosial dan Komunikasi untuk Keluarga di Rumah



shutterstock



Hubungan antaranggota keluarga yang harmonis terjadi karena adanya komunikasi dan sosialisasi yang baik. Tanpa komunikasi dan sosialisasi yang baik, hubungan sebuah keluarga bisa merenggang. Rumah adalah tempat di mana anggota keluarga berinteraksi, berkomunikasi dan bersosialisasi. Guna menjaga interaksi antar anggota keluarga, semuanya bisa dimulai dari rumah. Salah satu caranya dengan membangun ruang sosial.

 

Setiap sudut rumah memiliki fungsinya masing-masing. Ruangan yang ada di dalam rumah bisa menjadi sarana baik untuk melakukan komunikasi dan sosialisasi bersama anggota keluarga. Untuk merancang ruang sosial di rumah tidak harus di ruang keluarga, tapi bisa juga di ruang makan, ruang belajar, teras, atau taman.

 

Hal terpenting dalam memanfaatkan ruangan – ruangan yang ada di rumah sebagai ruang interaksi adalah bagaimana Anda memfungsikan sebuah ruangan menjadi tempat bersosialisasi dengan anggota keluarga. Untuk mendesain ruang sosial, Anda perlu menciptakan dekorasi yang memberikan kesan hangat dan akrab.

 

Berikut beberapa inspirasi yang bisa Anda terapkan untuk menjadi ruang sosial dengan keluarga di rumah;


Ruang Keluarga


Anda bisa meletakkan beberapa benda elektronik di dalam ruang keluarga. Seperti televisi, DVD player, home theater, mikrofon, dan lain-lain. Gunakan peralatan tersebut untuk menonton acara hiburan atau berkaraoke bersama keluarga dan membuat suasana di dalam rumah menjadi ceria.

 


Ruang Makan



Ruang makan bisa jadi ruang sosial yang tepat bagi mereka yang suka kuliner. Tempatkan ruang makan di dekat dapur dan pastikan letak meja yang mudah dijangkau serta nyaman digunakan saat bersantap bersama. Selain itu, sebaiknya gunakan warna terang yang tidak mudah kotor untuk menciptakan nuansa ceria.

 


Ruang Belajar/Kerja



Ruang belajar bisa saja dibuat untuk ruang sosial, terutama bagi mereka yang gemar membaca. Anda bisa membuat layaknya perpustakaan mini di dalam ruang belajar dengan dilengkapi fasilitas komputer dan internet. Selain menjadi tempat belajar, Anda bisa mennggunakan ruangan belajar atau kerja sebagai tempat  bersantai, dan berdiskusi antaranggota keluarga.

 


Taman Belakang / Teras





Bagi Anda dan keluarga yang suka beraktivitas di luar ruangan, maka Anda bsia memanfaatkan halaman, taman, atau teras rumah sebagai ruang sosial. Misalnya, di halaman Anda menempatkan ayunan, hewan peliharaan, dan tanaman di area tersebut, demi membuat kegiatan bersama jadi lebih menyenangkan.

 

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin