Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

09 Jul 2020

Inspirasi Desain - Ruang Tamu

Ruang Tamu Bergaya Bohemian





Kata Bohemian, pada awalnya merupakan istilah untuk merujuk masyarakat penduduk Bohemia atau kerajaan Bohemia yang sekarang merupakan wilayah Ceko. Lambat laun, kata tersebut mulai beralih makna.  Di Eropa seperti Perancis dan Inggris, Bohemian diartikan sebagai warga bohemia penyuka sastra dan seni yang melakukan perjalanan ke Perancis. Karakter Bohemian diidentikan dengan karakter seniman nonkonvensional, kotor, antikemewahan, dan hidup sederhana apa adanya.

Karakter berantakan pada Bohemian mulai menjadi salah satu alternatif desain interior rumah, seperti pada ruang tamu. Percampuran warna yang tidak senada dengan dekorasi seadanya bisa menjadi style baru pada ruangan. Apabila Anda sudah bosan dengan desain populer yang marak saat ini, gaya ini bisa menjadi pilihan. Lantas, bagaimana mendesain ruang tamu bergaya Bohemian.

Desain Ruangan 

 

home-designing.com

Desain ruang tamu bergaya Bohemian ini memiliki keunikan tersendiri. Sesuai dengan karakter masyarakat Bohemia yang bebas, antikonvensional, pengelana dan berjiwa seni, desain interior bohemian pun memiliki ciri yang sama. Masing-masing bagian ruangannya cenderung memiliki nilai seni tinggi, seperti ornamen etnik yang dibawa dari traveling, furnitur dari kayu, kain pelapis bantal bermotif tradisional dengan warna yang “bertabrakan”, dan berbagai furnitur dan hiasan unik lain. Penataannya pun kerapkali tidak simetris seperti pada desain-desain umum lainnya. 

Namun, ruang tamu bergaya Bohemian cenderung memiliki warna dasar yang polos tanpa pola. Warna dinding biasanya menggunakan warna-warna terang seperti putih, biru toska, krem, atau warna natural lain. 

Furnitur Ruang

 

interiordesign.id

Pada desain ruang tamu bergaya Bohemian, furnitur yang dipilih cenderung bercorak seni dan/sesuai selera pemilik rumah. Eksplorasi seni menjadi acuan dalam pemilihan perabotan rumah. Rumah bergaya bohemian juga seringkali menggunakan karpet dengan sofa rendah. Karpet yang digunakan juag memiliki motif etnik yang tidak sama dengan yang lain.

Gaya orang Bohemian yang berantakan dan nonkonvensional tetap melekat pada penataan furniturnya. Yang menentukan letak adalah kenyamanan pemilik, tidak harus sesuai dengan keinginan interior desainer. Bagi orang yang cepat bosan, ini juga bisa menjadi alternatif untuk bisa merombak penataan ruang tamu setiap waktu

Dekorasi Ruang 


arhitectaria.com

Dekorasi ruangan bergaya Bohemian cenderung acak dan tidak menyesuaikan dengan tema atau motif tertentu. Jika Anda termasuk orang yang suka traveling ke daerah-daerah, Anda bisa membawa oleh-oleh kain anyaman motif etnik. Hal itu akan menambah model yang ada dalam ruang tamu rumah Anda.

Selain itu, warna yang ada dalam setiap dekorasi cenderung “bertabrakan” satu sama lain. Warna yang dipakai juga didominasi oleh warna cerah mencolok. Anda bisa mnggunakan kombinasi warna kesukaan anggota keluarga secara bersamaan dalam satu ruangan. 

Hiasan dinding yang ada biasanya berasal dari barang-barang antik, miniatur anggota tubuh hewan, dan tanaman-tanaman hidup. Penataannya pun menyesuaikan dengan subjektivitas penghuni rumah. Anda bebas mengeksplorasi selera seni dan motif yang Anda suka di sini.

Kombinasi Motif 

Sofa dan bantal pada ruang tamu merupakan pusat pandangan yang dibuat oleh para pecinta gaya Bohemian. Jika Anda ingin menerapkannya, Anda bisa memakai salah satu pertimbangan ini: memakai bantal bermotif etnik yang berbeda-beda, dengan motif polos pada sofa; atau menerapkan kombinasi motif pada sofa, dengan motif polos berwarna-warni pada bantal.

Hal ini menjadi pertimbangan jika dilihat dari kebanyakan desain bohemian yang tidak bertabrakan dengan ngawur tetapi dilakukan dengan sengaja. Misalnya, dinding yang polos pada ruangan, memiliki furnitur dan aksesoris penghias bermotif acak. Jadi, ada beberapa keseimbangan pada desain ruang tamu bergaya bohemian ini. Anda bisa menerapkannya dengan tetap memegang sisi keseimbangan menurut selera Anda.

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin