Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

21 Jun 2020

Inspirasi Desain - Ruang Tamu

Menghadirkan Gaya Modern dan Minimalis di Ruang Tamu





Beberapa tahun terakhir trend konsep desain interior mulai berubah. Masyarakat mulai menggemari interior modern yang dipadukan dengan gaya minimalis. Gaya tersebut sangat cocok bagi kaum urban mengingat harga tanah dan properti setiap tahun kian meningkat, sehingga orang-orang harus memanfaatkan ruang sebaik mungkin.

Salah satu prinsip dasar dari gaya minimalis adalah penekanan pada kesederhanaan, fungsionalis, serta kerapian. Seorang pandit arsitektur modern, Ludwig Mies Van der Rohe selalu menekankan jika “less is more”. Dengan sentuhan modern, meski sederhana, gaya minimalis akan terlihat edgy dan menyenangkan.

Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghadirkan ruang tamu dengan gaya modern dan minimalis.

Mengutamaan Fungsi

Ini adalah hal terpenting dari konsep interior minimalis. Jangan menaruh barang yang tak memiliki fungsi apapun di ruang tamu jika ingin menghadirkan konsep minimalis. Jika bisa, justru gunakan barang-barang multi fungsi yang dapat menghemat ruang. Ini adalah penerapan dari prinsip less is more.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki beberapa kursi yang diletakkan di ruang tamu, akan tetapi beberapa kursi tak pernah dipakai, maka segera hilangkan kursi tersebut dari ruang tamu. Contoh lainnya, jika Anda memiliki banyak hiasan dinding, maka jangan pasang seluruhnya. Gunakanlah bergantian secara berkala untuk mempertahankan kesan minimalis dan menghilangkan kesan semrawut.

Warna Monokrom

Salah satu senjata utama selain menggunakan barang fungsionalis adalah pemilihan elemen warna. Hal yang perlu digaris bawahi adalah penggunaan warna dalam konsep minimalis tidak mengedepankan fungsi estetik, melainkan kepaduan warna itu sendiri.

Warna-warna monokrom biasanya dipilih untuk menghadirkan kenyamanan. Kerap kali warna netral seperti putih atau abu-abu menjadi pilihan dalam menghadirkan konsep modern minimalis. Untuk menghindari kesan monoton, bisa juga menggunakan perpaduan warna yang senada, semisal putih berpadu abu-abu.

Furnitur Unsur Alam

Menggunakan furnitur dengan unsur alam dapat meningkatkan mood kita. Sebagai contoh, meja dari kayu tentu akan lebih nyaman dipandang ketimbang meja dari besi. Menggunakan vas bunga dari akar bambu tentu lebih estetik ketimbang vas dari keramik.

Menambahkan tanaman hias berukuran kecil juga akan mengurangi kesan monoton. Hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari furnitur itu sendiri. Kian besar ukuran furnitur justru akan kian mengurangi kesan minimalis. 

Ruang Terbuka

Hal ini akan membuat ruangan yang semula terbatas menjadi terlihat lebih lapang. Anda bisa memanfaatkan salah satu sudut untuk menaruh sedikit kursi, meja dan beberapa barang, sementara menggelar karpet abu-abu untuk menambah kesan lapang dan minimalis. Dengan melakukan hal tersebut, anda juga memberikan kesempatan bagi tamu untuk memilih duduk lesehan atau menggunakan kursi.

Maksimalkan Ruang

Konsep minimalis dan modern hadir karena keterbatasan ruang, oleh karena itu kita harus pintar-pintar dalam memanfaatkan ruang yang tak terpakai. Sebagai contoh, sudut-sudut tanggung dalam ruang tamu bisa dimanfaatkan untuk meletakkan meja kecil atau vas bunga. Contoh lainnya, ruang yang tersisa di bawah tangga dapat digunakan untuk menaruh rak penyimpanan sehingga penggunaan ruang-ruang yang terlihat tak berfungsi dapat dilakukan secaraa optimal.

Itulah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menghadirkan gaya minimalis dan modern. Dengan mengaplikasikannya, kita akan bisa memanfaatkan ruang sebaik mungkin tanpa kehilangan kesan estetik dan modern. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin