Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

Master Ali

07 Jun 2020

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

Desain Rumah Klasik, Inspirasi Membangun Rumah Idaman



ekbis.sindonews.com



Rumah bergaya klasik tidak akan lekang oleh waktu. Meski kini bermunculan gaya arsitektur modern yang minimalis, nyatanya masih banyak orang yang menggemari gaya arsitektur yang satu ini. Model rumah klasikyang unik dan elegan bisa dijadikan sebagai inspirasi membangun rumah idaman Anda. Desain rumah klasik identik dengan gaya arsitektur zaman kekaisaran Romawi atau zaman Yunani Kuno. Para arsitek terinspirasi pada bangunan pada zaman tersebut. Desain rumah klasik kerap dipilih karena memancarkan keindahan bangunan, keserasian, dan kekokohannya.

Nah, bila Anda ingin membangun desain rumah klasik sebagai rumah idaman Anda, maka Anda perlu mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu. Berikut karakteristik umum beserta cara desain rumah klasik.

Detail Rumit

Ukiran-ukiran yang sangat detail merupakan salah satu karakteristik desain rumah klasik. Semua jenis rumah klasik selalu menghadirkan detail pada bangunannya. Baik yang berjenis Greek Revival, Early Classical Revival, hingga Neo-klasik.  Untuk itu, bila Anda ingin membangun desain rumah klasik, maka tambahkan detail pada setiap elemen rumah. Misalnya pada pegangan pintu, pegangan pintu, jendela, hingga pada furnitur seperti lemari dan meja. 

Kunci Elemen 

Salah satu nilai yang ingin ditampilkan dalam desain rumah klasik adalah kekokohan bangunan. Nah, untuk menonjolkan nilai tersebut, balok dan kolom adalah elemen yang paling diunggulkan. Untuk itu, kolom dan balok wajib Anda tambahkan untuk membangun desain rumah bergaya klasik. Jangan lupa untuk menambahkan ukiran dan detail lain pada balok rumah Anda. 

Pintu Utama 

Selain kolom dan balok, nilai keindahan dan kekokohan bisa didapat dari pintu masuk utama yang megah. Untuk mendapatkan kesan yang megah, material yang dipilih tidak bisa sembarangan. Biasanya, pintu masuk utama pada desain rumah klasik menggunakan kayu jati atau kayu ulin yang kokoh. Oiya, pastikan ukuran pintu masuk yang dipakai besar dan tinggi. 

Ornamen Artistik

Interior rumah bergaya klasik akan didominasi oleh ornamen hampir pada setiap ruangan. Kesan artistik dan keindahan akan semakin terpancar dengan adanya ornamen-ornamen ini. Untuk itu, Anda perlu untuk membeli ornamen-ornamen bergaya klasik dan menempatkannya di sudut-sudut ruangan. Ornamen yang dimaksud bisa berupa lukisan, patung, vas bunga ukir, guci, dan lain sebagainya.

Dominasi Material Alami

Material alami menjadi salah satu karakteristik yang paling umum pada desain rumah klasik. Material yang dipakai pun bermacam-macam. Contohnya kayu jati, akar kayu bahar, batu marmer, atau kuarsa. Nah, material alami ini bisa Anda aplikasikan pada meja, kursi, buffet, vas bunga, dan lain-lain.

Pemilihan Warna 

Perpaduan warna sangat penting dalam menyiratkan nilai yang ingin ditonjolkan pada desain rumah. Tidak terkecuali pada desain rumah klasik. Pemilihan ini harus selaras dengan gaya rumah yang ingin dibangun agar tujuan membangun gaya desain rumah klasik bisa tercapai.  Desain rumah klasik memakai warna bernuansa tenang. Warna yang dipilih biasanya putih sebagai warna dinding, abu-abu, coklat, atau ivory. Warna-warna tersebut bisa Anda aplikasikan pada ornamen-ornamen rumah dan furnitur.

Lampu Gantung

Karakteristik umum pada desain rumah klasik selanjutnya adalah penggunaan lampu gantung. Kehadirannya akan menguatkan kesan mewah dan elegan pada rumah Anda. Tidak melulu harus antik untuk mendapatkan kesan tersebut. Sebab, barang antik cenderung mahal. Akan tetapi, bila Anda punya uang lebih, mengapa tidak?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perhatikan setiap karakteristik dengan seksama. Pemilihan ornamen, detail, dan material harus direncanakan betul-betul agar desain rumah klasik idaman Anda dapat terwujud. 

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin