Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

19 Jun 2020

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

5 Prinsip Dunia Arsitektur yang Harus Diketahui





Membangun sebuah hunian yang nyaman bisa dilakukan sesuai dengan keinginan masing-masing. Selera masing-masing orang yang berbeda membuat rumah satu orang dengan yang lainnya berbeda. 

Akan tetapi, bagi seorang arsitek, membangun hunian tidak hanya sekadar membangun. Ada nilai dan prinsip yang harus dipenuhi sebelum membangun sebuah rumah. Selain untuk mempelajari hubungan antar elemen pada sebuah hunian, prinsip-prinsip ini juga berguna untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam membangun sebuah rumah.

Para arsitek mempelajari ilmu arsitektur selama bertahun-tahun di bangku kuliah. Termasuk di dalamnya mempelajari prinsip-prinsip yang tidak boleh ditinggalkan dalam membangun sebuah hunian. Mari kita intip beberapa prinsip dalam arsitektur berikut ini. 

Keseimbangan

Keseimbangan dalam desain mirip dengan keseimbangan dalam fisika. Bentuk besar yang dekat dengan pusat keseimbangan dapat disetarakan dengan bentuk kecil yang dekat dengan tepi. 

Keseimbangan merupakan prinsip paling penting dalam arsitektur. Keseimbangan membuat bangunan Anda stabil dan memberikan kekuatan pada strukturnya. Sederhananya, bila sebuah bangunan tidak seimbang, maka struktur dari bangunan tersebut akan mudah roboh. 

Titik Fokus 

Bagian lain yang penting ketika merancang atau mendekorasi ruang adalah menentukan titik fokusnya. Titik fokus adalah elemen pada sebuah bangunan yang akan segera menarik perhatian pada pandangan pertama. Ada beberapa cara untuk membuat titik fokus pada ruangan. Bisa melalui unsur bentuk, warna, ukuran, posisi, tekstur, maupun visual. Beberapa ruang telah memiliki titik fokus alami seperti perapian, jendela besar, atau fitur arsitektur yang kuat.

Jika ruang Anda tidak memiliki titik fokus tersebut, salah satu perabot (biasanya yang terbesar) bisa menjadi titik fokus pada ruangan Anda. Untuk area ruang tamu, biasanya titik fokus bisa didapat dengan memakai sofa duduk yang besar.

Skala dan Proporsi

Rumah yang indah seringkali tercipta karena kepandaian dalam mendesain, bukan karena memakai peralatan yang mewah atau lukisan antik berharga puluhan juta. Pengoptimalan skala dan proporsi bisa membantu Anda dalam menciptakan rumah idaman yang indah dan menawan. 

Sebelumnya perlu diketahui bahwa skala dan proporsi merujuk pada dua hal yang berbeda. Skala merujuk pada hubungan antara elemen dengan luas dan ukuran ruangan. Sedangkan proporsi merupakan kaitan antara bentuk sebuah benda dengan barang lain untuk menciptakan komposisi yang tepat. 

Anda bisa memulai dengan mengidentifikasi ukuran ruangan sebelum memasang interior. Tinggi langit-langit dan luas lantai harus Anda perkirakan terlebih dahulu. Setelahnya, baru Anda bisa mulai memikirkan apa saja yang akan Anda letakkan di dalamnya. 

Untuk ruangan ukuran besar, Anda bisa memasang furnitur berukuran besar pula. Sebaliknya untuk ruangan berukuran mungil, jangan sampai Anda penuhi ruangan tersebut dengan satu furnitur saja. Gunakan furnitur berukuran lebih kecil, atau beralih ke konsep lain. Misalnya, mengganti penggunaan sofa pada ruang keluarga dengan penggunaan bean bag dan karpet bulu yang lembut. 

Selain itu, warna dan pola pada dinding juga perlu diperhatikan. Untuk ruangan berukuran kecil, gunakan sedikit kombinasi warna saja, serta gunakan pola kecil-kecil (bila berpola). Kedua hal ini bisa menampilkan kesan luas pada ruangan yang sempit. 

Komposisi 

Merencanakan tata ruang adalah menciptakan zona fungsional untuk berbagai kegiatan yang akan berlangsung pada ruangan itu. Baik membaca, mendengarkan musik, bercakap-cakap, menonton televisi, atau sekadar bersantai sambil di depan teras rumah.

Komposisi dalam sebuah ruangan turut menjadi prinsip penting dalam tata ruang dan arsitektur. Mode komposisi ditentukan oleh sebanyak apa fungsi yang bisa ditemukan pada sebuah bangunan. Tujuannya adalah untuk memudahkan penghuni rumah mencapai ruang yang dituju. Untuk itu, alurnya juga harus disesuaikan untuk kenyamanan penghuni rumah. 

Prinsip komposisi dalam arsitektur diterapkan sesuai pada fungsi bangunan. Terdapat tiga fungsi bangunan, yaitu public, private, dan service. Fungsi yang berkaitan dengan public adalah ruang tamu dan teras. Komposisi pada ruang in harus disesuaikan untuk memudahkan akses orang baru yang belum pernah berkunjung. Sedangkan ruang private bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya, seperti pada area ruang keluarga, kamar tidur, dan kamar mandi. Ruang service berkaitan dengan area yang difungsikan untuk perawatan rumah. Misalnya gudang, dapur, dan loteng. 

Kesatuan dan Harmoni

Elemen-elemen untuk menciptakan tampilan yang seimbang dan harmonis. Sulit untuk mencapai kesatuan tanpa harmoni. Harmoni dicapai dengan pengulangan elemen desain tertentu, seperti warna, bentuk, tekstur, dan lain-lain. Harmoni itulah yang menciptakan kesatuan pada desain bangunan. 

Cara Aplikasi

Anda bisa mulai dengan menggunakan warna dan bahan yang digunakan berulang pada beberapa bagian rumah. Menggunakan warna dalam intensitas yang sama dan barang yang berbeda dalam skala yang sama memberikan suasana yang tenang pada ruangan Anda. Contoh lain, Anda bisa menggunakan kursi berwarna hijau dan memasang lukisan berwarna hijau pada dinding di dekat kursi tersebut.

Demikian beberapa prinsip dalam arsitektur yang kami rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat dan membuka wawasan Anda terhadap dunia arsitektur. Selamat membangun!

Artikel terkait

Status Inspirasi Rumah

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin