Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

27 Oct 2021

Ruang Keluarga - Aktivitas Keluarga

Tips Ini Diperlukan Buat Kamu yang Ingin Memulai Bisnis Kos-kosan

Investasi terbaik yang bisa kamu pertimbangkan selain memiliki rumah yaitu bisnis kos-kosan. Walau sempat tidak dilirik akibat pandemi yang memaksa masyarakat untuk bekerja di rumah, kebijakan yang semakin longgar terkait aktivitas di luar rumah membuat bisnis kos-kosan kembali diminati.

 

Dilansir dari liputan6, dibutuhkan strategi tertentu saat ingin membangun usaha kos-kosan. Oleh karena itu, kami berikan tips-tips untuk menghindari kesalahan dalam memulai bisnis kos-kosan.

 

1. Lakukan perencanaan bisnis

Perencanaan merupakan hal penting yang harus dilakukan saat memulai segala aktivitas bisnis, tak terkecuali bisnis kos-kosan. Kamu harus memikirkan desain rumah kos-kosan, fasilitas yang akan diberikan, hingga target pasar yang akan diincar. Dengan membuat perencanaan, kamu akan mendapatkan angka yang dapat berguna untuk menyediakan modal.

 

 

2. Dibutuhkan profesional

Mengerjakan bisnis ini sendiri adalah kesalahan yang sering luput. Oleh karena itu, anggarkan modal untuk menyewa seorang yang profesional dan memiliki pengalaman di bidang bisnis kos-kosan. Kamu bisa mencari asisten yang bisa dipercaya untuk membantu eksekusi sehari-hari.

 

3. Riset harga pasaran sesuai area


Lakukan riset untuk mengecek harga pasaran sebuah kamar agar tarif sewa tidak terlalu murah atau mahal. Kamu bisa mencari harga melalui search engine google atau berbagai website penyedia jasa layanan sewa kos. Cek juga fasilitas yang ditawarkan oleh kompetitor dan sesuaikan dengan harga yang akan kamu berikan.

 

4. Kelola bisnis secara efektif


Ikuti perkembangan teknologi untuk mempermudah penyewa dan pemilik. Pembayaran sewa tidak harus cash, tapi bisa ditransfer melalui internet banking. Kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi messenger seperti WhatsApp atau Line untuk menerima keluhan dan saran perbaikan fasilitas.

 

5. Iklankan kamar kos


Dengan perkembangan media sosial, kamu bisa dengan mudah mengiklankan usaha kos-kosanmu di media sosial atau situs khusus pencari kos dan rumah sewa. Oleh karena itu, biaya iklan usaha kos-kosan tidak terlalu menghabiskan banyak biaya.

 

Berikut adalah ide-ide tahap awal dalam memulai dan mengelola bisnis kost-kostan. Mulailah dengan perencanaan bisnis yang baik dan hindari langkah-langkah yang tidak terperinci dengan baik. Simak terus berbagai artikel inspiratif mengenai rumah dan bangunan persembahan masterumah.id

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin