Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

27 Oct 2021

Inspirasi Desain - Dapur

Solusi Terbaik Bagi Dapur Minimalis, Pelajari Ide Penyediaan Ventilasi!

Salah satu ruang di rumah yang sangat membutuhkan akses ventilasi adalah dapur. Hal ini wajar, mengingat dapur yang produktif memproduksi banyak asap, bau-bauan dari olahan masakan, hingga bau tidak sedap dari tempat sampah. Dapur yang baik harus menjamin peredaran udara agar lancar. Tanpa sirkulasi udara yang memadai, dapur menjadi pengap dan bau.

 

Dalam kondisi rumah minimalis, setiap ruang memiliki area yang terbatas, tak terkecuali dapur. Dapur yang sempit dapat terasa sesak ketika memuat banyak perabotan. Bahkan, dapur yang terlihat penuh tidak memungkinkan adanya jendela. Untuk mengakali kebutuhan tersebut, pertimbangkan untuk memasang sistem ventilasi. Dalam artikel ini, kami sajikan berbagai ide-ide pemasangan ventilasi untuk menjamin sirkulasi udara dapat lancar di dalam ruang dapur minimalis.

 

1. Kaca geser


Kaca geser merupakan tipe jendela yang tidak terlalu memakan tepat. Selain itu, kaca geser dapat membuat dapur terasa lebih luas. Untuk memaksimalkan fungsi kaca geser, kamu dapat menggunakan kaca geser horizontal. Kami menyarankan untuk menggunakan jendela yang tersekat menjadi lebih dari tiga bagian. Dimana, dua bagian akan berfungsi sebagai kaca geser, sedangkan sisanya menjadi tumpuan geser.

 

2. Lubang berderet di atas kaca


Ventilasi dengan lubang berderet adalah ide tepat untuk memaksimalkan bagian atas dari sebuah jendela di dapur. Ventilasi tipe ini mampu menghalau udara-udara kotor dari luar. Debu tersebut tertahan oleh saringan dalam sekat-sekat lubang ketika udara masuk ke dapur.

 

3. Jendela langit-langit


Ventilasi dapur langit-langit adalah tren terkini pemanfaatan sirkulasi udara dalam hunian minimalis. Biasanya, jendela tipe ini bisa digunakan di atap yang berbentuk miring atau menurun. Apabila perabotan banyak di dapur, maka ide ini sangatlah ideal karena jendela tidak akan terhalang oleh lemari atau tempat gantungan alat-alat memasak. Selain memastikan sirkulasi udara lancar, jendela langit-langit dapat membuat dapur semakin lebih cerah.

 

4. Cooker hood


Cooker hood merupakan alat yang mampu menghisap hasil olahan masakan yang menimbulkan asap. Cooker hood memiliki kipas mekanis di dalamnya dan dapat menghisap udara dari atas kompor. Cooker hood menjadi idola bagi bentuk dapur mungil seperti di apartemen maupun di rumah yang kekurangan akses untuk membuat jendela.

 

5. Exhaust Fan


Ventilasi mekanis sangat dibutuhkan dalam sebuah ruang dapur yang sulit untuk dipasang jendela. Salah satu caranya yaitu menggunakan exhaust fan. Exhaust fan dalam menyedot udara dalam ruangan ke luar. Biasanya, exhaust fan baru dihidupkan ketika kamu sedang memasak, agar asap hasil proses memasak dapat dialihkan dengan cepat. 

 

Berikut adalah ide penyediaan ventilasi di dapur minimalis. Dengan memastikan sirkulasi udara lancar, maka dapur akan terasa lebih nyaman dan bersih. Simak terus berbagai artikel mengenai ide desain dapur persembahan masterumah.id

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin