Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

27 Oct 2021

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

Ciptakan Musala Indah di Rumah, Makin Khusyuk Ibadanya!

Keberadaan musala di dalam rumah telah menjadi pertimbangan sendiri bagi umat Muslim saat membangun rumah. Dengan mempertimbangkan suasana khidmat dan kenyamanan, musala di dalam rumah harus didesain sebaik mungkin. Desain ini juga mempertimbangkan kondisi ruang yang tidak terganggu oleh kegiatan lain di rumah.

 

Dalam tren rumah minimalis yang memiliki area terbatas, pemanfaatan musala tetap bisa dilakukan. Nuansa hijau dari taman adalah tawaran dari kami saat kamu ingin membangun musala. Berikut adalah ide-ide desain musala yang menarik untuk diterapkan di rumahmu!

 

1. Pastikan akses musala dan tempat mengambil wudhu berdekatan


Sebelum melakukan shalat, penghuni rumah diwajibkan untuk berwudhu. Sering kali, akses kamar mandi tempat mengambil wudhu dan musala yang jauh membuat lantai rumah menjadi sering basah. Lantai yang basah membuat rumah menjadi lebih terlihat lebih berantakan dan lantai menjadi licin. Oleh karena itu saat mendesain musala, kami sarankan untuk membuat tempat mengambil wudhu di dekatnya.

 

2. Tambahkan pernak pernik 


Tampilan ruang yang lebih islami dapat ditampilkan dengan cara memasang kaligrafi maupun karya seni bernilai islami seperti kaligrafi dari tulisan Allah, Nabi Muhammad SAW, hingga potongan dalam Quran maupun Hadis. Ide desain ini sangat kamu butuhkan agar musala terlihat lebih indah.

 

3. Ciptakan konsep terbuka


Musala yang nyaman dapat diciptakan dari sirkulasi udara yang maksimal. Kami menyarankan pembuatan musala di taman dengan mendesain sebuah ruang seperti saung. Dengan tidak adanya dinding, kamu dapat merasakan sensasi ibadah yang lebih sejuk. Untuk menghindari lantai musala yang basah akibat hujan berangin, kamu bisa memasang tirai yang dapat dibuka dan ditutup.

 

4. Manfaatkan ruang tidak terpakai


Lorong pojok rumah merupakan salah satu tempat yang sering tidak digunakan. Dalam konsep hunian minimalis, jangan pernah membiarkan sebuah ruang tidak berfungsi. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan ruang tersebut untuk dijadikan musala. Gunakan pembeda antar ruang lain seperti memberikan lantai kayu atau menambahkan aksen desain islami.

 

5. Pasang kaca untuk merekayasa luas ruang


Apabila ruang untuk musala terbatas, kamu bisa menambahkan cermin besar di dalamnya. Cermin berfungsi untuk membuat tampilan ruang musala terasa lebih luas. Selain itu, cermin dapat memaksimalkan pencahayaan alami karena sifat pemantulan cahayanya.

 

Berikut adalah ide-ide pembangunan musala di rumah. Perhatikan aspek desain dan fungsi ruang agar musala dapat memberikan kesan nyaman dan tenang bagi penghuni rumah yang sedang menjalani ibadah. Simak terus berbagai ide menarik mengenai desain interior rumah persembahan masterumah.id

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin