Status

Pindah ke Artikel

Filter Inspirasi

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset

27 Oct 2021

Inspirasi Konstruksi - Desain Arsitektur

Ingin Menggunakan Dinding Kaca dalam Desain Rumah Minimalis, Pertimbangkan Hal Ini!

Perkembangan desain arsitektur membawa ide rumah minimalis semakin inovatif. Salah satunya adalah memanfaatkan penggunaan dinding kaca sebagai suplai utama pencahayaan alami. Material kaca kini tidak lagi hanya berfungsi sebagai ornamen tambahan yang sifatnya sekunder.

 

Namun, tren rumah minimalis telah memanfaatkan penggunaan material kaca sebagai elemen desain primer. Bahkan, penggunaan dinding kaca semakin ngetren menyusul popularitas dari dinding konvensional dari semen dan bata. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan gambaran untung rugi penggunaan kaca pada rumah minimalis. Simak informasi di bawah ini!

 

Keuntungan

1. Menambah asupan cahaya alami


Pencahayaan alami untuk rumah semakin maksimal apabila kamu menggunakan dinding kaca. Sifat kaca yang transparan dapat menguntungkan dari segi pencahayaan sehingga rumah jadi tampak lebih terang dan hidup. Selain itu, cahaya alami dapat mengirit penggunaan listrik.

 

2. Pandangan yang makin luas


Dengan menggunakan kaca yang bersifat transparan, kamu bisa melihat pemandangan di sekeliling rumah. Ide desain ini membuat suasana rumah semakin hangat dan berwarna.

 

3. Kedap suara


Material kaca bersifat kedap suara. Oleh karena itu, ide penggunaan material dinding ini sangat cocok digunakan di wilayah yang bising. Kaca dapat meredam suara bising kendaraan yang lewat di depan rumah, sekalipun kamu tinggal di jalan raya yang lalu lintasnya padat.

 

Kelemahan

1. Tidak tahan getaran

Getaran dalam frekuensi yang tinggi membuat kaca dapat rusak. Untuk itu, jangan pernah bernego dengan kualitas kaca. Kamu harus membeli kaca kualitas terbaik apabila ingin digunakan sebagai material dinding rumah.

 

2. Tidak bisa diperbaiki

Ketika kaca retak atau pecah, kamu tidak bisa memperbaiki sebagian area yang rusak, dan harus seluruhnya diganti. Hal ini membuat terciptanya biaya tak terduga. Kamu harus persiapkan biaya khusus apabila terjadi kerusakan.

 

3. Pemasangan cukup rumit

Pemasangan dinding kaca dapat dikatakan sulit. Oleh karena itu, kamu membutuhkan tenaga ahli untuk memasang dinding kaca.

 

4. Harga yang mahal

Beda kualitas, maka beda pula harganya. Kaca dinding yang berkualitas memiliki kisaran harga yang lebih mahal dibandingkan kaca kualitas biasa.

 

Berikut adalah pertimbangan untung dan rugi sebelum menggunakan dinding kaca. Dengan pertimbangan tersebut, kamu bisa melihat kebutuhan yang dimiliki dan disesuaikan manfaat dari penggunaan  dinding kaca untuk rumah minimalis. Simak terus berbagai artikel inspiratif desain hunian minimalis persembahan masterumah.id

Artikel terkait

Filter Artikel

Inspirasi Desain

Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Dapur
Ruang Makan
Kamar
Kamar Mandi & Service Area
Carport
Taman

Inspirasi Konstruksi

Desain Arsitektur
Proses Konstruksi
Pembiyaan
Material Bangun

Ruang Keluarga

Rumah & Keluarga
Aktivitas Keluarga
Keluarga & Budaya
Kreasi Keluarga
Reset
Link disalin